Zyrex Ubud

Posted: 10 April 2008 in Komputer

Saat ini ada baru tiga jenis netbook yang hadir di pasaran Indonesia, yaitu Asus Eee PC, Zyrex Anoa, dan Zyrex Ubud. Dua yang pertama telah kami bahas beberapa waktu lalu, jadi kini giliran Zyrex Ubud .

Seperti dua netbook di atas, Ubud memiliki layar berukuran 7“. Bedanya, resolusi maksimal Ubud mencapai 1024×768 pixel, jauh di atas netbook lain yang resolusinya cuma 800×480 pixel. Dengan resolusi setinggi itu, halaman di Web sebenarnya dapat disajikan secara utuh.

Namun sejujurnya, agak sulit membaca teks meskipun ukuran teks di browser sudah disetel ke ukuran paling besar. Untungnya resolusinya bisa diturunkan sampai 800×600 pixel, yang lebih terasa nyaman di mata. Kompensasinya, teks terasa kurang tajam dan kami harus sering scrolling kiri-kanan dan atas-bawah untuk melihat keseluruhan halaman Web.

Untuk terhubung ke internet, kita bisa mengandalkan fasilitas WiFi yang ada di Ubud. Jika koneksi Wi-Fi tidak ada, kita bisa beralih ke koneksi Ethernet. Tersedia pula koneksi Bluetooth untuk terhubung ke ponsel atau PDA Anda. Fasilitas lain yang disediakan cukup memadai, seperti 2 port USB 2.0, card reader untuk MMC dan SD card, dan keluaran video berupa DVI. Jika ingin melakukan konferensi jarak jauh, tersedia Webcam yang uniknya ditempatkan di sisi kanan layar.

Berbeda dengan Asus Eee PC dan Zyrex Anoa, Ubud menggunakan prosesor dari VIA, yaitu tipe C7-M ULV berkecepatan 1,2GHz. Kerja prosesor ini dibantu memori DDR2 berukuran 1GB. Fasilitasnya penyimpanannya sendiri adalah harddisk 2,5” dengan kapasitas 30GB. Kapasitas ini terasa sangat lapang dibanding Asus Eee PC yang cuma memberikan 4GB.

Sebenarnya kami ingin membandingkan performa Ubud dengan prosesor VIA C7-M ini dengan Asus Eee PC yang menggunakan Intel Celeron M 900MHz. Sayangnya, unit Ubud yang kami terima menggunakan Windows Vista, sehingga agak sulit membandingkan dengan Eee PC yang menggunakan Windows XP. Namun sebagai gambaran saja, untuk booting ke Vista, Ubud membutuhkan waktu 1 menit 11 detik, sementara untuk shutdown sekitar 25 detik. Secara keseluruhan Ubud agak tertatih-tatih menjalankan Vista, sehingga menurut kami lebih baik Anda menggantinya dengan Windows XP jika memungkinkan.

Desain Ubud yang agak beda juga sedikit menyulitkan kami saat menggunakannya. Contohnya, touchpad ditempatkan di sisi kanan atas keyboard, sementara tombol klik kanan/kiri di sisi kiri atas. Jadi untuk menggerakkan kursor dan mengklik obyek kita harus menggunakan dua tangan. Keyboard 80 kunci yang berukuran 15×12 mm terasa rapat dan juga tanpa sandaran tangan, sehingga menyulitkan untuk mengetik.

***

Jika ditilik fasilitasnya, Ubud terasa lebih karakter notebooknya dibanding Asus Eee PC maupun Zyrex Anoa. Resolusi layarnya tinggi, harddisknya besar, bahkan memiliki video output berupa DVI. Sayangnya hal-hal seperti posisi touchpad dan panas yang ditimbukan sedikit mengurangi kenyamanan netbook ini. Namun dengan bandrolan harga Rp. 4,5 juta, tetap saja Zyrex Ubud pilihan menarik bagi Anda yang ingin memiliki perangkat yang mudah dibawa kemana-mana. (sumber: InfoKomputer)

Plus: Murah; ringan; kapasitas harddisk besar.

Minus: Resolusi berlebihan; touchpad dan keyboard kurang nyaman.

SKOR PENILAIAN
Kinerja: 3,5
Fasilitas: 3,25
Penggunaan: 3,5
Harga: 5
SKOR TOTAL: 3,65

SPESIFIKASI Zyrex Ubud

Prosesor
VIA C7-M ULV 1,2 GHz
RAM
DDR2, 1GB
Chipset
VIA CX700
Kartu Grafis
VIA S3 Unichrome Pro II
Harddisk
IDE, 30GB
Optical drive
Tidak ada
Fasilitas
Wi-Fi, Bluetooth, card reader, USB (2 buah), Ethernet
Layar
7”, 1024×768 pixel
Kartu suara
VIA VT610
Sistem Operasi
Windows Vista Starter Edition
Batere
2200 mAh
Dimensi
23×17,2×3,4 cm
Bobot
0,93 kg
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp 4,99 juta
Komentar
  1. Ali mengatakan:

    Kalo boleh kasih tanggapan, lumayan juga lho pake Windows XP di ubud, tapi lebih seru lagi kalo di pakein Ubuntu 8.04 LTS, saya udah cobain pake Vista SE (parah serba terbatas), Win XP Pro (seru tapi mahal), Ubuntu 8.04 LTS mantap, semua auto detect termasuk printer laser dikantor saya ga perlu install lagi, office dah komplit, pokoke seru deh.

    Open Source = Menuju Indonesia Bebas Pembajakan Haki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s