Blokir Film Fitna, Ultimatum Menkominfo Efektif… Untuk Bikin Penasaran

Posted: 10 April 2008 in Berita

Jakarta – Ultimatum Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) M. Nuh untuk memblokir film Fitna dari ranah Internet Indonesia, ternyata cukup efektif. Efektif di sini tidak dalam konteks pemblokirannya, tetapi justru dalam hal membangkitkan rasa penasaran orang untuk mencari film tersebut.

Hal tersebut setidaknya tampak dari hasil analisis data Google Trend yang dilakukan oleh detikINET, Kamis (10/4/2008). Berdasarkan data tersebut, dengan mengukur kondisi per 30 hari terakhir, peningkatan pencarian menggunakan kata kunci ‘Fitna’ langsung mengalami lonjakan drastis menuju puncaknya pada Selasa (1/4/2008), ketika Menkominfo mengultimatum YouTube.

Volume lonjakan tersebut bahkan mencapai 100% dari saat sebelum ultimatum tersebut disampaikan M. Nuh. Kemudian secara perlahan tren tersebut mengalami penurunan hingga pada posisi awal sebelum lonjakan terjadi. Tetapi pada Jumat (4/4/2008), kembali terjadi peningkatan pencarian, bertepatan dengan giliran Internet Service Provider (ISP) yang kena ultimatum oleh M. Nuh.

Gambaran di atas menunjukkan bahwa semakin sesuatu dilarang (oleh pemerintah), maka akan makin penasaran orang untuk mencarinya. Bagaimana pendapat Anda? Sampaikan melalui detikINET Forum detik ini juga!

( dbu / dbu )

Sumber: detikinet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s