Menkominfo: Blogger Bukan Musuh, tapi Keluarga

Posted: 8 April 2008 in Berita

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh menyatakan bahwa pemerintah menganggap para blogger (pembuat situs pribadi/blog) bukan musuh, akan tetapi bagian dari sebuah keluarga.

“Blogger merupakan bagian dari keluarga kita, kita tumbuh bersama untuk mengembangkan dunia teknologi informasi di Indonesia,” kata Menkominfo dalam pertemuan dengan para blogger di kantor Depkominfo di Jakarta, Senin (7/4) malam.

Nuh mengungkapkan hal tersebut karena diminta ketegasan posisi pemerintah oleh para blogger yang hadir dalam acara tersebut, dalam permasalahan tuduhan dari pengamat telematika Roy Suryo yang menganggap blogger yang merusak dan mengacak-acak berbagai situs terutama situs partai Golkar. Nuh mendorong agar para blogger berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

“Kita mendorong agar blogger menjadi sebuah komunitas baru, yang menyebarluaskan fungsi edukasi, fungsi penguatan kepada masyarakat dan menyebarluaskan fungsi pencerahan yang dibingkai untuk mengembangkan nasionalisme bangsa. Kita ingin membuka kesempatan para blogger untuk memberikan kontribusi sekecil apapun. Kita berusaha untuk mengurangi dampak negatif,” tambah Nuh.

Sebelumnya, Roy Suryo mengatakan situs Golkar (www.golkar.or.id) diduga dibobol kelompok hackers yang juga menjadi komunitas blogger di Indonesia. “Situs Golkar di defaced (berubah tampilan) sejak Jumat dinihari. Dugaan awal tindakan pembobolan tersebut terkait dengan UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE) yang baru disahkan pemerintah,” kata Roy Suryo di Jakarta, Jumat (28/3).

Sejak pemerintah mengesahkan UU ITE pada Selasa (25/3), situs pemerintah milik Depkominfo juga menjadi korban serangan para hacker, disusul situs partai politik terbesar di tanah air Golkar. Menurut Roy Suryo, tampilan situs Golkar di deface sempat memampang foto dirinya yang didampingi dua wanita “bule”, dengan komentar: Haiiiiiiiiiiii… Jumpalagi….. dgn Tante Roy Adyuh Mana Ujyan Ga da Ojyek Bechex Bechex *iklan cincha dolo ya pak admin* Maap pak admin cuma pengen titip numpang pesen aja….. buat Tante Roy. Pembobol juga meninggalkan alamat email yaitu, siapakah.akyu@yahoo.comThis e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it .

Beberapa jam kemudian, tampilan situs yang dibangun dan diregistrasi pada 23 April 1997 itu telah berubah lagi bertuliskan “Mambo”, “This site is temporarily unavailable. Please notify the System Administrator” dan dilatarbelakangi bunga dengan bentuk kelopak segi enam.

Sejatinya situs Golkar yang bermotto “Bersama Kita Maju” ini didominasi warna kuning dengan memampang foto petinggi partai berlambang Beringin itu yaitu Wapres Jusuf Kalla, didampingi Agung Laksono, dan Suryo Paloh. Roy Suryo yang merupakan konsultan untuk Unit Pusat Identifikasi Mabes Polri ini menjelaskan, bahwa kasus pembobolan situs pemerintah maupun parpol ini sudah diselidiki Unit Cyber Crime Mabes Polri.(ANT)

Sumber: Kompas.com

Komentar
  1. Handry mengatakan:

    “””Kita mendorong agar blogger menjadi sebuah komunitas baru, yang menyebarluaskan fungsi edukasi, fungsi penguatan kepada masyarakat dan menyebarluaskan fungsi pencerahan yang dibingkai untuk mengembangkan nasionalisme bangsa. Kita ingin membuka kesempatan para blogger untuk memberikan kontribusi sekecil apapun. Kita berusaha untuk mengurangi dampak negatif,” tambah Nuh.””””

    Maksod loe pak mentri, jadi selama ini blogger memang berdampak negatif? mentri sama aja dengan si RS omongannya. SOK bener ngata2in kalo mau membuat blogger ke arah yang lebih baik, jaid maksudnya selama ini blogger itu jelek? ga ada positifnya? hehe dasar orang2 sombong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s