ISP Surabaya Juga Blokir YouTube

Posted: 8 April 2008 in Berita

Surabaya – Satu persatu, penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia mulai melakukan pemblokiran terhadap situs dan blog yang memuat film ‘Fitna’. Kali ini penyedia layanan internet DNET resmi memblokir YouTube per 4 April 2008.

Dari pengamatan detiksurabaya.com, Selasa (8/4/2008) saat akan mencoba membuka situs http://www.youtube.com, yang keluar hanya referensi surat Menkominfo.

Didi salah satu staf DNET Surabaya saat dihubungi detiksurabaya.com membenarkan pemblokiran terhadap situs yang telah menayangkan film Fitna. “Kita resmi memblokir per tanggal 4 April, pukul 20.00 WIB,” kata Didi.

Pemblokiran ini, menurut Didi, terpaksa dilakukan karena adanya surat dari Menkominfo tentang film Fitna di situs YouTube yang dapat mengganggu hubungan antar umat beragama dan harmoni antar peradaban tingkat global. DNET melakukan pemblokiran pada situs dan blog yang melakukan posting film Fitna, termasuk YouTube.

Mengenai kapan pemblokiran ini akan diakhiri, pihak DNET mengaku masih menunggu keputusan dari Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia (APJII). “Kalau dari APJII bilang buka, ya nanti kita buka. Tapi kalau belum ada keputusan, mau gimana lagi,” ungkap Didi.

Didi menambahkan, sejak pihaknya melakukan pemblokiran terhadap situs YouTube, seluruh pelanggan DNET langsung diberikan surat pemberitahuan yang dikirim melalui e-mail. “Jadi begitu diblokir, tidak banyak pelanggan yang protes atau menanyakan masalah pemblokiran itu,” jelas Didi.

ISP tersebut juga mengimbau para pelanggannya yang menemukan situs lain yang memuat film Fitna, untuk segera memberitahukan ke DNET agar situs yang bersangkutan juga diblokir. ( bdh / dwn )

Sumber: detikinet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s