Pemerintah Diminta Tentukan Alamat Situs yang Harus Diblokir

Posted: 7 April 2008 in Berita

JAKARTA, SENIN –  Sejumlah penyelenggara akses internet di Indonesia meminta pemerintah dalam hal ini Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh tegas dalam menentukan alamat situs-situs internet yang harus diblokir. Surat permintaan Menkominfo kepada penyelenggara akses internet untuk menutup blog dan situs yang memuat film Fitna dinilai masih multiinterpretatif.

Hal ini tercermin dari tindakan yang dilakukan Internet Service Provider (ISP) berbeda-beda. Ada yang melarang akses situs secara keseluruhan, namun ada yang hanya menutup daftar alamat internet yang memuat film Fitna.

Perbedaan pandangan tersebut tidak hanya membuat upaya pencegahan akses film Fitna tidak efektif tapi juga berbuntut kepada sejumlah tuntutan hukum. Sebagian ISP sudah dikomplain pelanggan karena melakukan pemblokiran secara sewenang-wenang.

“Pada prinsipnya kita menghormati kebijakan pemerintah, persoalannya ketika diimplementasikan pada masalah di lapangan, misalnya tuntutan atau komplain. Kalau masih sekadar komplain, ndak apa-apa. Masalahnya ada yang membawa lawyer,” kata Heru Nugroho, Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) di Jakarta, Senin (7/4).

Heru mengatakan pemerintah sebaiknya memberikan alamat yang jelas situs mana saja yang harus diblokir. Namun untuk kasus film Fitna saja, misalnya, alamat yang harus diblokir pasti jumlahnya ribuan dan itu tidak mungkin dilakukan setiap ISP.

Para penyelenggara internet mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk fasilitas khusus yang menyaring konten internet secara terpusat, misalnya server tertentu yang melakukan penyaringan domain name server (DMS). “Mungkin perlu dibentuk lembaga khusus untuk ini,” tambah Heru.

Sementara Ketua Asosiasi Penyedia Jaringan Internet Indonesia (APJII), Sylvia Sumarlin mengemukakan, APJII akan memberi masukan kepada pemerintah besok (Selasa, 8/4). “Kalau bisa minggu ini sudah direspons. Untuk sementara APJII tetap melakukan blokir ke Youtube melalui Indonesia International Exchange sampai keluar aturan baru dari pemerintah,” katanya.

Laporan wartawan Kompas.com Tri Wahono

Sumber: kompas.com

Komentar
  1. kaito724 mengatakan:

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/software/pemerintah_diminta_tentukan_alamat_situs_yang_harus_diblokir/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s