Cegah Fitna, XL Blokir Empat Situs

Posted: 7 April 2008 in Berita

JAKARTA, SENIN – Buntut penyebaran film Fitna melalui Internet, PT Excelomindo Pratama (XL) menutup empat situs online, yakni YouTube, MySpace, Metacafe, dan Rapidshare. Pemblokiran ini dilakukan mulai hari ini atas permintaan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) agar penyedia akses Internet menutup blog dan situs yang memuat film kontroversial tersebut.

Batas waktu pemblokiran tidak disebutkan. Dalam pernyataannya yang dimuat dalam situs resminya, Manajemen XL menyatakan pelanggan tidak akan bisa mengakses situs-situs tersebut sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

Permintaan untuk menutup film Fitna buatan politisi Belanda, Geert Wilders, dilayangkan Menkominfo kepada APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), 146 ISP (Internet service provider), dan 30 NAP (Network Access Provider) tanggal 2 April lalu. Pemerintah juga sudah melayangkan surat permintaan kepada YouTube untuk menutup secara permanen tayangan Fitna, namun tidak mendapat respon.

Dalam surat bernomor 84/M.KOMINFO/04/08 dengan klasifikasi sangat segera tersebut, pemerintah beralasan, film Fitna disinyalir dapat mengakibatkan gangguan hubungan antarumat beragama dan harmoni antarperadaban pada tingkat global. Surat tersebut tidak menyebutkan daftar situs yang harus ditutup, namun menyebut “situs dan blog” yang melakukan posting film Fitna.

Bagi penyedia akses yang tidak mematuhi permintaan ini, Direktorat Jenderal Pos dan telekomunikasi mengancam akan mencabut izin. Namun, sesuai undang-undang pencabutan izin baru dilakukan setelah peringatan tertulis.

Selain XL, pemblokiran sudah dilakukan BigNet, D-Net, dan FastNet. Pelanggan BigNet bahkan untuk sementara waktu tidak dapat mengakses lima situs.Selain empat situs yang diblokir XL, pelanggan BigNet juga tidak dapat mengakses situs Multiply. Namun, belum semua penyedia akses internet melakukan pemblokiran. Dari jaringan Speedy, situs-situs tersebut masih bebas diakses sampai sekarang. (Tri Wahono)

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s