Indosat Optimistis Capai Kesepakatan dengan Telkom Soal SLJJ

Posted: 3 April 2008 in Berita

Jakarta (ANTARA News) – PT Indosat Tbk optimistis dapat mencapai kesepakatan bisnis dengan PT Telkom Tbk mengenai pembukaan kode akses SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh) di Balikpapan yang minta diberlakukan oleh pemerintah pada Kamis, 3 April 2008.

“Kami harapkan pembicaraan bisnis bisa selesai hari ini. Saat ini sedang berjalan pembicaraan dengan Telkom. Kita tunggu hasilnya,” kata Head of Public Relations Indosat Adita Irawati yang dihubungi di Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan tersebut, Indosat membahas beberapa hal terkait pelaksanaan pembukaan kode akses SLLJ tersebut, terutama masalah tarif dan sistem pembayarannya.

“Kita belum bisa ungkapkan hasilnya karena pembicaraaan masih berjalan dan belum sampai pada titik kesepakatan. Kita tunggu saja hasilnya,” lanjut Adita tanpa merinci lebih lanjut agenda pertemuan bisnis Indosat dan Telkom tersebut.

Dia mengatakan, Indosat menerima draft tawaran bisnis pembukaan kode akses SLJJ di Balikpapan dari Telkom pada minggu ini dan kemudian Indosat langsung melakukan negosiasi dengan Telkom dengan difasilitasi pemerintah.

Pada kesempatan terpisah, Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengatakan, PT Telkom Tbk meyakini kesepakatan bisnis dengan PT Indosat terkait pembukaan kode akses Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) di Balikpapan, bisa tercapai.

“Telkom berusaha maksimal membuka jalan kepada Indosat demi tercapainya kesepakatan bisnis,” kata Eddy.

Dia menjelaskan, Telkom telah menawarkan harga yang wajar untuk disepakati sehingga pembukaan kode akses SLJJ dapat dilaksanakan sesuai jadwal.

Keputusan Menkominfo nomor M.480.A/Kep/M.kominfo/ XII/2007 tentang kode akses SLJJ, mewajibkan PT Telkom untuk membuka kode area SLJJ kota Balikpapan, paling lambat 3 April 2008 sebagai tahap pertama pelaksanaan kebijakan tersebut, bagi penyelenggara SLJJ baru yaitu PT Indosat.

Dengan demikian, pelanggan yang melakukan panggilan SLJJ ke Balikpapan menggunakan kode area 0542 dan nomor tujuan berarti menggunakan jasa SLJJ PT Telkom, atau kode area 011 – 542 dan nomor tujuan, berarti menggunakan jasa SLJJ PT Indosat.

Sebelummya, pada Senin (31/3), Group Head Regulatory Indosat, Dayu P. Rengganis meragukan pembukaan kode akses SLJJ berjalan mulus, karena hingga hari itu sambungan komunikasi (outgoing call) menggunakan kode akses 017 masih sering gagal.

Anggota BRTI Kamilov Sagala mengatakan, implementasi pembukaan SLJJ diserahkan kepada operator.

“Saat uji coba (test call) pada 26 Maret 2008, secara teknis tidak ada masalah, seluruhnya berjalan lancar dan beberapa nomor yang dihubungi dapat tersambung dengan baik,” kata Kamilov.

Menurut Eddy Kurnia, berangkat dari niat yang baik serta mengesampingkan keinginan untuk meraup laba yang berlebihan, sebenarnya tidak ada alasan yang dapat menggagalkannya.

“Telkom telah mengusulkan biaya yang wajar dan memungkinkan Indosat untuk memetik peluang dari margin yang lebar. Lagi pula, regulasi kita kan sangat membuka peluang bagi operator untuk mendapatkan pelanggan tanpa perlu membangun infrastrukur yang membutuhkan investasi besar,” kata Eddy tanpa merinci usulan biaya yang dimaksud.
(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s