E-mail Erotis Perdayai Pengguna Komputer Mengunduh Virus

Posted: 3 April 2008 in Berita

Los Angeles (ANTARA News) – Surat elektronik (e-mail) sampah yang menjanjikan gambar erotis para pesohor ternyata cuma menyebarkan virus ke komputer pribadi, kata sebuah perusahaan keamanan teknologi informasi (IT) yang berpusat di Los Angeles, Rabu.

Surat elektronik biasanya berisi subjek seperti “Naked Shakira Clip”, “Rihanna Exposed” atau pesan lain berisi dorongan, yang menarik pemakai komputer untuk melakukan hubungan jaringan, kata Panda Security, penyedia utama penyelesaian masalah keamanan IT.

Dengan meng-klik hubungan, pemakai akan mengunduh (download) salinan Agent.IMB Trojan, yang menggandakan dirinya sendiri ke dalam sistem komputer dengan nama “CbEvSvc.exe”.

“Teknik rekayasa sosial ini tidak baru sama sekali. Namun, mengingat banyak bajingan di dunia maya masih terus menggunakannya, pasti masih ada banyak pemakai yang terperangkap,” kata Luis Corrons, Direktur Teknis PandaLabs, sperti dilaporkan Xinhua.

“Pencipta ‘malware’ kadangkala menggunakan jenis e-mail yang sama untuk menyebarkan bermacam rangkaian ‘malware’, sehingga takkan mengejutkan untuk menemukan surat sampah seperti ini digunakan selama beberapa hari berikutnya untuk menyebarkan kode ‘malicious’ lain seperti ‘downloader Trojan’, ‘banker Trojan’ dan lain-lain,” kata Corrons.

Malware adalah piranti lunak yang dirancang untuk menyusup atau merusak satu sistem komputer tanpa disadari oleh pemakai yang dituju. Malware adalah gabungan dari kata “malicious” dan “software”.

Para pejabat perusahaan Panda menyarankan pemakai komputer untuk tidak membuka pesan e-mail dari orang yang tak mereka kenal dan tak mengklik “link” yang mungkin berisi pesan tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s