Awas! Blogger Jangan Sembarangan, Bisa Dipidana

Posted: 3 April 2008 in Berita

Jakarta – Pasal-pasal dalam batang tubuh Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) tidak hanya bisa ‘mengancam’ jurnalis. Penulis blog (blogger) juga bisa tersandung hukum jika tulisannya dianggap menghina atau mencemarkan nama baik.

Kemunculan UU ITE harusnya dijadikan semacam peringatan bagi para blogger. Menurut salah satu blogger senior di Indonesia, Wicaksono alias ndoro kakung, dengan adanya UU ITE menjadi peringatan bagi para blogger agar makin bertanggung jawab dalam mem-posting tulisan.

“Blog itu media yang dipublikasikan, dibaca oleh orang lain. Jadi tiap blogger juga harus memperhatikan etika. Jangan mentang-mentang nulis di internet bisa seenaknya mengumbar apapun,” tuturnya ketika berbincang dengan detikINET, Kamis (3/4/2008).

Bagaimana jika ada blogger tiba-tiba dituntut dengan UU ITE karena tulisannya dituduh melakukan penghinaan? “Blogger tersebut harus tanggung jawab,” tandasnya menjawab pertanyaan detikINET.

Ia menambahkan, jika memang dituntut, nantinya akan menjadi tugas pengacara untuk membuktikannya apakah memang blogger yang bersangkutan dengan sengaja telah melakukan penghinaan atau tidak. “Sebelum itu terjadi, tiap blogger sebaiknya memperhatikan etika. UU ITE dijadikan wanti-wanti bagi blogger,” ujarnya lagi.

Ia juga mengakui bahwa pasal pencemaran nama baik di UU ITE sebagai pasal karet. Pemerintah juga diimbau untuk melakukan sosialisasi UU ITE lebih luas agar masyarakat dan para blogger tidak mempertanyakan maksud pasal-pasal dalam UU tersebut.

Pro dan kontra? Sampaikan di detikINET Forum.
( dwn / dwn )

Sumber: detikinet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s