Ratu Rania Tantang YouTube

Posted: 2 April 2008 in Berita

raturania.jpg AMMAN, SELASA – Ratu Yordania Rania menantang situs video Youtube menjadi ajang dialog global. Tujuannya menghancurkan stereotip yang merugikan muslimin dan dunia Arab.Dalam pernyataannya, Senin (31/3), Istana Yordania mengatakan Rania berjanji menghapus semua prasangka itu. “Beliau ingin semua orang tahu dunia Arab yang sebenarnya, tanpa diedit, tanpa skenario dan tanpa sensor,” demikian salah satu pernyataan istana Yordania.

Dalam video yang diposting di YouTube, Rania mengajak pemirsa beropini tentang Timur Tengah dan bicara tentang gambaran stereotip tentang Arab dan muslim yang mungkin mereka punya.

Dalam pernyataan yang dikutip istana, Rania menginginkan orang-orang muda di mana pun melihat sisi personal Timur Tengah. “Dan mengenal tempat-tempat, wajah, ritual dan budaya yang membentuk dunia yang saya sebut rumah,” kata Rania.

Meski secara tradisional tergolong konservatif dan masih berorientasi kesukuan, Yordania sedang mengalami kemajuan yang membedakannya dari negara lain di Timur Tengah.

YouTube sangat populer di kalangan muda yang populasinya lebih dari separo di negeri berpenduduk 6 juta jiwa itu. Di negeri itu, tersedia akses internet yang mudah, tidak seperti di negera lain seperti Arab Saudi, Iran dan Suriah. “Namun di dunia yang begitu mudah saling berhubungan, kami masih sangat terpisah,” kata Rania dalam videonya di YouTube.

Perempuan kelahiran Palestina yang menikah dengan Raja Abdullah pada 1993 itu kerap mempromosikan pendidikan, pendanaan usaha lewat kredit mikro dan upaya lain untuk memberantas kemiskinan di Yordania.(AP/SAS)

Sumber: Kompas.com 

Komentar
  1. tuturtawa jejak mengatakan:

    Walopun bukan wanita bercadar atau berjilbab, prestasi Ratu Rania sangat besar kontribusinya bagi dunia dan kemanusiaan. Khususnya lewat World Economic Forum dan PBB. [tuturtawa-jejak.blogpot.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s