Penurunan Tarif Telekomunikasi Akan Dievaluasi Tiap Bulan

Posted: 2 April 2008 in Berita

224113p.jpgJAKARTA, SELASA – Mulai hari ini, 1 April 2008, masyarakat seharusnya sudah dapat menikmati penurunan tarif telekomunikasi di seluruh layanan. Sebab, semua operator dipastikan menurunkan biaya interkoneksi antara 5 hingga 40 persen.

“Tarif interkoneksi sudah turun, jadi biaya operasi pasti turun. Sekarang kalau mereka tidak turunkan tarif, akan habis sendiri,” ujar Prof Muhammad Nuh, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), usai membuka 1st Indonsia Broadband Summit di Ballroom Hotel Rich Carlton, Kuningan, Jakarta, Selasa (1/4).

Besar penurunan tarif memang diserahkan ke masing-masing operator sebab sesuai undang-undang telekomunikasi pemerintah hanya menetapkan formula saja. Dalam hal ini, pemerintah memutuskan untuk meminta operator telepon tetap menurunkan tarif interkoneksi antara 5 hingga 20 persen, sedangkan operator seluler antara 20 hingga 40 persen.

“Rumusnya cost yang harus ditanggung (konsumen) kan ada tarif interkoneksi ditambah biaya operasi ditambah margin keuntungan yang diambil operator. Kalau biaya interkoneksi sudah turun, mestinya logikanya tarif konsumen juga turun,” ujar Nuh. Ia enggan menyebutkan berapa target penurunan yang diinginkan, namun akan melakukan evaluasi terhadap penerapannya.

Ia mengatakan ada post evaluation yang dilakukan setiap bulan. Jika penurunan ini ternyata tidak berpengaruh terhadap biaya yang harus ditanggung konsumen, lanjut Nuh, berarti kebijakan tersebut tidak berpengaruh.(WAH)

 Sumber:kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s