Pemerintah Tetapkan Standar Kualitas Layanan Telekomunikasi

Posted: 2 April 2008 in Berita

224113p.jpg JAKARTA, SELASA – Untuk melindungi hak pelanggan telekomunikasi, pemerintah akan menetapkan standar kualitas layanan telekomunikasi. Aturan ini sekaligus menjadi koridor bagi para penyedia layanan telekomunikasi, baik tetap maupun seluler, agar tidak mengabaikan kualitas layanan seiring tarif yang makin murah.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Prof Muhammad Nuh di sela-sela 1st Indonesia Broadband Summit yang diadakan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Nokia Siemens Network di Jakarta, Selasa (1/4). Aturan tersebut disiapkan menyusul keputusan pemerintah untuk menurunkan tarif interkoneksi  sejak 1 April 2008.

“Bersama dengan itu, kita lindungi pelanggan dengan QoS (quality of services),” ujar Menkominfo. Kualitas layanan yang dimaksud akan diukur dari rasio keberhasilan panggilan (successfull call ratio), respon terhadap keluhan (complaint response), dan ukuran layanan lainnya. Pemerintah telah menyiapkan aturan tersebut dan akan menuangkannya dalam peraturan menteri, yang akan disahkan minggu ini juga.

Operator yang tidak dapat memberikan kualitas layanan sesuai standar akan mendapatkan hukuman. Menkominfo masih enggan menjelaskan bentuk-bentuk hukuman yang akan diatur dalam peraturan tersebut. Bagi operator yang mampu menyajikan kualitas layanan terbaik sampai akhir tahun ini, pemerintah juga menyiapkan penghargaan khusus.(WAH)

 Sumber:kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s