Harga Domain .com dan .net Naik

Posted: 1 April 2008 in Berita

VeriSign menaikkan biaya registrasi domain Internet berakhiran .com dan .net. Kenaikan ini merupakan yang kedua kali sejak perusahaan yang beregrak dalam bidang keamanan di jarngan online tersebut mengatur kedua domain pada tahun 2006.

Untuk domain .com biaya naik dari 6,42 dollar AS menjadi 6,68 dollar AS. Sementara untuk .net naik dari 3,85 dollar AS menjadi 4,23 dollar AS. Harga baru akan berlaku mulai 1 Oktober 2008 menunggu kesepakatan antara VeriSign dan ICANN, organisasi yang ditunjuk untuk mengatur pengelolaan nama domain di Internet dan alamat IP di seuruh dunia.
VeriSign beralasan, kenaikan harus dilakukan seiring dengan makin tingginya volume trafik akibat beragamnya layanan, perangkat yang mengakses Internet, dan konten yang terhubung ke Domain Name System. Pada kondisi trafik normal, VeriSign mengkalim saat ini memproses hingga lebih dari 33 miliar permintaan antrian DNS per hari.Selain itu, VeriSign harus membangun fasilitas keamanan yang lebih baik untuk memantau, mengidentifikasi, melacak, dan mengisolasi trafik mencurigakan yang bisa merusak. Serangan ke domain .com dan .net semakin hari tidak hanya main banyak namun juga makin canggih.

Dana tersebut ditengarai juga digunakan untuk membiayai rencana VeriSign untuk meningkatkan kapasitas infrastruktur Internet globalnya mejadi 10 kali lipat keadaan saat ini pada 2010. Kapasitas permintaan antrian DNS akan ditingkatkan dari 400 miliar sehari menjadi 4 triliun. VeriSign juga akan meningkatkan bandwidth di pusat pengendalian utama di seluruh dunia dari 20 Gbps menjadi 200 Gbps.

Sebelum dipegang VeriSign harga domain .com baru 6 dollar AS dan .net 3,50 dollar AS.(InformationWeek/WAH)

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s