Budi Putra: Hacker dan Blogger Jangan Dibawa-bawa

Posted: 1 April 2008 in Berita

JAKARTA, SENIN – Perusakan (deface) situs Depkominfo dan Partai Golkar yang terjadi minggu lalu tidak seharusnya dikait-kaitkan dengan hacker dan blogger. Masalah tersebut sebaiknya difokuskan kepada inti permasalahannya saja antara korban dan pelaku.

“Situs seperti rumah kita, kalau diganggu bisa kita masalahkan, tapi jangan setiap orang yang lewat depan rumah terus diteriakin,” ujar Budi Putra, salah satu blogger dan pendiri Asia Blogging Network yang dihubungi sore ini. Kalaupun pelakunya ditangkap dan mengaku sebagai seorang hacker atau blogger, bukan berarti hacker dan blogger lainnya terseret.

Ia juga menyayangkan masih adanya salah kaprah pengertian hacker dan cracker. Menurut mantan wartawan Tempo itu, hacker justru menjadi orang yang banyak jasanya seiring perkembangan Internet dan teknologi informasi sekarang ini. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa hacker untuk menguji sistem keamanan infrastruktur teknologi informasinya.

“Membobol situs tanpa diminta pemiliknya mungkin bisa masuk kategori itu (cracker),” katanya. Proses hukum menjadi haknya korban, namun menyikapi kasus pembobolan situs pemerintah dan publik, Budi berpendapat, perlu disikapi dari banyak aspek. Terjadinya pembobolan menunjukkan bahwa keamanan pada situs-situs tersebut masih lemah dan perlu segera diperbaiki. Apalagi situs-situs tersebut milik pemerintah yang sudah seharusnya dijaga dengan sangat baik.

Ia juga tidak melihat adanya masalah dengan para blogger. Menurutnya, kemungkinan tulisan di blog menyinggung pihak lain, SARA, atau menyebarkan konten pornografi tetap ada, namun tidak ada bedanya dengan media massa pada umumnya. Kalau ada masalah atau tersinggung juga bisa menggugat penulisnya. Namun, ia yakin hanya blog, yang menyajikan informasi-informasi bermanfaat, akan bertahan dan yang tidak, akan ditinggalkan pembacanya.

“Kita melihat tidak ada masalah, isinya bagus-bagus, spesifik, ditulis dengan penuh cinta penuh gairah,” katanya ketika ditanya penilaiannya terhadap blog-blog di Indonesia. Blog di Indonesia juga mengalami perkembangan sangat pesat dan mulai mengarah menjadi industri. Sayang sekali kalau blog yang sedang tumbuh diberangus hanya karena masalah pribadi.(WAH)

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s