Indonesia Digital Community Didik Guru TI

Posted: 30 Maret 2008 in Berita

indigo285.jpgJakarta – Telkom dan Dinas Pendidikan bekerjasama menggelar program bertajuk Indonesia Digital Community (Indigo). Program ini melibatkan 100 guru TI dari berbagai sekolah di kota Medan.

Deputi EGM Telkom Sumatra Budisuranto berharap, program ini dapat memperkecil kesenjangan digital serta meningkatkan kualitas dan kreativitas proses belajar dan mengajar di sekolah.

“Perkembangan dunia ICT yang demikian pesat seharusnya dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan untuk mendorong percepatan kuaitas belajar dan mengajar di sekolah,” ujarnya melalui keterangan tertulis pada detikINET, Minggu (30/3/2008).

Budisuranto menambahkan, Telkom di Sumatra kemudian menggelar program Education for Tomorrow untuk memintarkan 1 juta pelajar di Sumatra agar paham dan mengerti Internet. Untuk mendorong misi besar itu, dikembangkanlah akses jaringan layanan pita lebar secara besar-besaran di Sumatra.

Ketersediaan infrastruktur yang memadai dan memenuhi standar untuk menopang ICT berupa tersedianya akses Speedy maupun broadband wireless access di 252 kota dan kabupaten. Selain itu, demi memberikan wahana edukasi yang makin cepat, Telkom juga meluncurkan program 5.000 hotspot yang sampai dengan saat ini terealisasi sekitar 725 hotspot yang di tempatkan di area-area publik.

Selain pengembangan infrastruktur, Telkom juga melakukan pengembangan komunitas. Selain komunitas pendidikan, Telkom juga melakukan pengembangan kepada komunitas terpusat lainya, seperti masyarakat di Kampung Digital, Kampung Wisata Digital, Komunitas Ibadah Digital, Integrated School Network, Jaringan Nagari Desa, UKM digital dan lainnya.

“Saat ini ada enam komunitas center yang dikembangkan. Ke depan, direncanakan pengembangan sebanyak 612 telecenter di seluruh Sumatra,” tandas Budisuranto.

Aspek pengembangan lain yang tak kalah pentingnya, lanjut dia, adalah konten yang dalam implementasinya dapat berupa portal, website, blogsite, e-service dan e-aplication seperti e-goverment, e-police, e-health dan lain-lainnya.
( rou / wsh )

Sumer: detikinet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s