“Trik Promosi Online yang Paling Mendatangkan Hasil”

Posted: 29 Maret 2008 in Berita

Kalau kita bicara tentang promosi, tidak bisa terlepas dari kombinasi berbagai trik yang semuanya saling membantu untuk terjadinya proses sales.

Industri pencarian tidak bisa lepas dari dunia bisnis dan promosi di Internet. Kalau lewat media internet yang terjadi adalah “carilah yang kumau dan kubayar”. Inilah yang dimungkinkan lewat media internet! Sekarang masalahnya seberapa mudah produk dan bisnis kita dicari lewat media online. Karena seberapa bagus dan canggih suatu produk namun sulit ditemukan lewat media pencari, maka hal itu kurang efektif. Artinya kita belum memaksimalkan media pencarian yang diberikan oleh media online sebagai pelengkap dari media pencari offline seperti buku direktori bisnis atau buku kuning (Yellowpages) yang sering kali penempatan kategori produk kurang sesuai sehingga relatif lebih lama dalam mencarinya.

Menarik untuk dicermati dari suatu survei yang dilakukan oleh GVU bahwa 84,4% para pengguna internet menggunakan situs pencari, dan juga hasil riset dari IMT Strategies, salah satu divisi dari Meta Group, mengatakan bahwa situs pencari menciptakan lebih banyak “awareness” tentang suatu situs web dibandingkan seluruh jenis iklan termasuk banner, surat kabar, TV dan radio. Artinya produk yang ditawarkan oleh suatu situs web dan muncul karena hasil pencarian menginspirasikan trust kepada calon pencari.

Selain itu secara psikologis juga, 92% dari mereka yang melihat logo atau symbol www namun tidak konek ke internet, umumnya mereka sudah bakal lupa setelah tidak melihat logo tersebut, namun siapa pun yang menggunakan situs pencari lalu masuk ke suatu situs web, mereka umumnya dalam keadaan siap kerja, atau siap membelanjakan uang atau siap menjadi target yang loyal, demikian diteguhkan oleh Forrester Research Media Field Study. Intinya mengatakan bahwa situs web yang berada di urutan 20 pertama umumnya akan mendapatkan perhatian besar dari loyal audience.

ActivMedia Research juga menuturkan bahwa Search Engine Positioning dijuluki sebagai metode promosi no. 1 yang digunakan oleh situs web eCommerce.

screenshot.jpg

Grafik di atas memperlihatkan bagaimana situs pencari lebih banyak memberikan kontribusi sales dibandingkan merek (branding). Berbeda inisiatif lainnya lebih banyak untuk kepentingan branding.Kebenaran dari grafik di atas nyata dan telah dibuktikan bahkan oleh beberapa eksportir kecil-kecilan yang kemudian menjadi besar. Itulah sebabnya saya yakin seperti yang dikatakan oleh Pemilik dari PT Rattanland Furniture, Tonton Taufik Rahman berhasil mengembangkan bisnis ekspor rotannya ke mancanegara pertama-tama lewat online advertising di Internet, khususnya lewat situs pencari. Karena tidak mungkin beliau melakukan pameran di luar negeri mengingat modal pertama bisnisnya hanya Rp. 1 juta, yang hingga pertengahan 2004 omzetnya bisa mencapai USD 500.000,-.

Tonton membetulkan hal ini karena banyak pembeli dari mancanegara yang menghubunginya karena situs webnya berada di urutan peringkat pertama di situs pencari apabila potential buyer mengetikkan frase “rattan furniture”. (Lihat WE No. 14 hlm 31)

Intinya adalah entah situs web korporat Anda digunakan sebagai alat eCommerce, atau hanya untuk mendapatkan prospek (lead generation), atau sebagai suatu direktori atau portal – bahkan jika perusahaan Anda adalah hanya suatu organisasi nirlaba – maka nangkrin di peringkat 20 besar di situs pencari utama hendaknya harus menjadi bagian yang esensial dari strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Anda.

Karena itu seraya para pengguna Internet, para pemasar dan pebisnis serta publik secara umum semakin teredukasi dengan internet, maka industri pemasaran mendapat tantangan baru dalam hal trik mengoptimisasi suatu situs web terhadap situs pencari, dan industri bisnis ini terus dan bakal menjadi tren yang akan digeluti oleh para netpreneur serta UKM yang dapat bekerja di mana saja dan kapan saja.

Banyak orang semakin tahu pentingnya situs pencari dalam hubungannya dengan visibilitas terhadap situs korporat mereka, namun tidak mengetahui bagaimana proses untuk pemanfaatan situs pencari sebagai branding dan bagaimana seharusnya hasil yang diharapkan.

Apakah Anda menginginkan situs web korporat Anda yang berisi 50 lembar halaman mendatangkan traffic dari 10.000 hingga 40.000 pengunjung sebulan setelah melakukan optimisasi web?

Walaupun perjuangan sales bukan sampai di situ saja, karena tanpa kemampuan untuk melakukan konversi, maka jumlah pengunjung sebanyak itu akan percuma saja.

Artikel kali ini, saya akan coba singgung apa artinya ini dan bagaimana seharus hasil yang patut diharapkan dari kampanye search engine optimization (SEO).

“Jadi, apa yang dapat kita lakukan meningkatkan visibilitas bisnis kita di Internet?”, mungkin demikian yang diminta oleh bos pemasaran Anda. “Kita harus menerapkan kombinasi pemasaran online dan offline termasuk situs pencari!” Untuk mencapai hal ini, tergantung apa dan seberapa kemampuan finansial dari suatu perusahaan, apakah akan menggunakan jasa dari perusahaan yang bergerak di bidang optimisasi situs pencari (SEO) atau menjalankannya sendiri.

Di bawah ini ada tiga (3) hal yang berbeda dari hasil yang patut Anda harapkan serta alasan di balik ketiga hal tersebut.

Mencapai Hasil Minimum Atau Rata-Rata dari SEO
Coba kita lihat beberapa petunjuk yang saya berikan untuk mendapatkan paling tidak hasil minimum dari kampanye optimisasi situs pencari. Biasanya perusahaan SEO akan melakukan pembedahan terhadap situs web Anda. Pembedahan yang dilakukan biasanya mencakup modifikasi pada struktur situs web, navigasi, ALT tags, tag judul, META tags, judul pada link, tulisan pada halaman-halaman web, dan masih banyak lagi faktor yang harus dirombak.
Perombakan ini bukan untuk memperindah cantiknya halaman web bagi para pengunjung, tetapi untuk membuat robot dari situs pencari jatuh cinta. Jadi, kalau perusahaan SEO tidak diberikan kebebasan untuk melakukan perombakan, maka hasilnya kurang maksimal.

Perusahaan SEO yang professional biasanya akan memulai kampanye riset pemurnian frase keyword yang paling kompetitif dan membuat daftar frase tersebut setelah itu dimurnikan untuk mendapatkan frase keyword yang paling banyak dicari untuk kemudian mengoptimisasi halaman-halaman web tertentu berdasarkan frase keyword tersebut.
Namun perusahaan SEO yang kompeten tidak akan melakukan optimisasi terhadap halaman-halaman web yang ada hanya untuk menampilkan frase atau keyword kunci, sebaliknya mereka lebih besar kemungkinan menyarankan agar keyword penting dimasukkan di halaman web yang baru. Karena itu kalau suatu perusahaan tidak membiarkan perusahaan SEO mengembangkan halaman-halaman web tambahan serta content untuk membidik frase keyword tersebut, maka perusahaan itu sama saja dengan menghambat aliran audiens yang potensial.

Sebenarnya ada faktor lain yang mungkin saja membatasi hasil yang dicapai oleh situs web dan kampanye optimisasi. Satu faktornya adalah biaya yang dijatahkan untuk program iklan berbayar dan pencantuman situs web di suatu direktori seperti Inktomi, Fast, Ask/Teoma, dan Yahoo! atau LookSmart, karena Anda membatasi maka hasilnya dapat dicapai pun terbatas.

Mencapai Hasil Maksimal Atau di Atas Rata-Rata dari Kampanye SEO
Nah, kalau pun suatu perusahaan masih belum puas dengan hasil yang dicapai di atas, maka berikut ini adalah cara mencapat hasil yang diharapkan dari kampanye SEO Anda? Biarkan peusahaan SEO yang Anda sewa untuk melakukan modifikasi bebas serta penyesuaian terhadap berbagai algoritma mesin pencari termasuk seperti yang sudah diuraikan di atas.

Maka sebaliknya dari pada membatasi perusahaan SEO Anda untuk hanya memodifikasi halaman-halaman web yang Anda berikut keyword pendukungnya, maka saran saya bekerjalah bareng dengan membantu konsultas SEO Anda untuk mengembangkan halaman-halaman web, bagian tertentu dari situs web, dan content yang bermutu untuk membidik keyword pendukung.

Misalnya, saya ingin memberikan contoh untuk frase keyword “time attendance”, ini adalah sekadar contoh produk dari PT Intisar Primula. Nah kalau Anda hanya membidik frase tunggal tersebut saja, maka sebenarnya Anda bakal kehilangan calon pembeli yang bisa jadi mengetikkan frase keyword lain seperti “time attendance sheet”, “time attendance software”, “punch card”, dan sejenisnya.

Oleh sebab itu, hanya dengan menambah jumlah probabilitas dari frase keyword dan menjabarkannya, maka peluang meningkatnya traffic yang benar-benar targeted dapat dicapai. Di samping itu, posisi situs web korporat Anda akan dapat lebih diperkuat dan tidak akan mengalami hilangnya traffic yang targeted pada waktu terjadi “Google Dancing”. Jadi jangan membatasi diri hanya dengan sedikit frase keyword, atau hanya keyword tunggal yang terlalu general. Seperti misalnya salah satu klien saya di Hongkong yaitu HY Investment yang juga melakukan trading gold dan coffee, maka saran saya jangan hanya menggunakan keyword tunggal seperti gold dan coffee, namun masukkan suatu frase seperti “gold investment” atau “gold trading”.

Setelah itu jangan sungkan-sungkan untuk mengeluarkan biaya registrasi dalam program berbayar seperti yang diterangkan di atas karena ini semua akan membantu mencapai hasil premium dari kampanye SEO web Anda. Biaya ini juga mencakup menganggarkan keuangan untuk penempatan tahunan di direktori online utama.

Oleh Bob Julius Onggo

Sumber: BJO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s