UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)

Posted: 26 Maret 2008 in Berita

Download uuite.pdf

Ini adalah UU ITE resmi yang disahkan di DPR pada tgl 25 Maret 2008, nomer UU masih kosong kemungkinan masih menunggu penomoran UU dari Sekneg. Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) adalah UU Cyber pertama di Indonesia.

Salah satu isi dari UU ITE ini adalah “mereka yang secara sengaja dan tanpa hak melakukan penyadapan atas informasi dan/atau dokumen elektronik pada komputer atau alat elektronik milik orang lain akan dikenakan hukuman berupa penjara dan/atau denda. Hal itu tertuang dalam Bab VII tentang Perbuatan Yang Dilarang, Pasal 31 ayat (1) dan (2)”.

Sanksi mengenai penyadapan tertuang di Bab XI tentang Ketentuan Pidana, yakni Pasal 47 yang berbunyi: Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 31 ayat (1) atau ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah).

Sumber: Forum Detiknet.com

Komentar
  1. Bawor mengatakan:

    terima kasih jij telah memberi info tentang ruu ite yang sulit di dapat, moga tuan tiada berkeberatan menyampaikan info lain yang susah di dapat. adakah tuan mempunyai ruu tentang tindak pidana di bidang teknologi informasi yang dibuat oleh depkominfo dan BPHN, yang ada sekarang kan versi gipi, dan menurut Ahmad ramli ruu itu sedang di bikin. di tunggu balasannya dengan amat sangat di guyon_bawor@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s