Pemerintah akan Bentuk Tim Sosialisasikan UU ITE

Posted: 26 Maret 2008 in Berita

menkominfo2.jpgJAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika M. Nuh memastikan, pihaknya akan segera membentuk tim khusus yang akan melakukan sosialisasi secara gencar, pasca diberlakukannya UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Nuh menyatakan, pemerintah akan berkomitmen untuk segera mengundangkan UU tersebut sehingga impelementasinya bisa dilakukan sesegera mungkin.

“Setelah disahkan DPR, memang pemerintah punya waktu satu bulan untuk mengundangkannya sehingga bisa diberlakukan. Tapi saya pikir, tidak perlu menunggu satu bulan, secepatnya,” tegas Nuh.

Tim sosialisasi yang akan dibentuk, terdiri dari lintas profesi dan lintas instansi. Selain itu, telah pula disiapkan 9 Peraturan Pemerintah (PP) yang akan mendukung penerapan UU ITE. Beberapa diantara 9 PP tersebut bahkan sudah selesai kajian akademisnya.”Sosialisasi memang tugas utama kita, dan infrastrukturnya tengah kita siapkan. Dengan adanya UU ITE ini, akan mendorong kerja organ-organ lain yang telah ada saat ini,” tutur dia lagi.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Pansus RUU ITE DPR, Suparlan sempat melontarkan, selama ini sosialisasi merupakan hal mudah tapi yang paling sulit dilakukan. “Tergantung bagaimana komitmen pemerintah. Semoga tidak hanya alot saat pembahasan. Tapi kita lihat bagaimana upaya sosialisasinya. Sebab, lebih sulit sosialisasi dan implementasinya daripada proses pembentukannya,” kata Suparlan.(ING)

Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s